terapi buah untuk miom

Jenis Terapi Buah Untuk Miom

8 Jenis Terapi Buah Untuk Miom

Apa itu penyakit miom?

Penyakit miom merupakan tumor jinak yang terdiri dari jaringan otot. Kondisi ini terbentuk dalam rahim bagian bawah. Penyakit ini biasa disebut juga dengan fibroid, leiomioma, leiomiomata, atau fibromiom.

Miom dapat muncul sebagai satu miom, atau sekelompok miom kecil. Ukuran fibroid dapat berkisar antara 1 mm hingga 20 cm.

Empat jenis penyakit miom ialah:

  • Subserosa. Jenis fibroid ini tumbuh dalam rahim dan dapat menyebar ke bagian luar serviks.
  • Intramural. Jenis fibroid ini hanya dapat tumbuhdalam rahim, yang mungkin dapat memperbesar ukuran rahim.
  • Submukosa. Jenis fibroid yang berkembang di dalam lapisan rahim, yang berarti mampu mempengaruhi siklus menstruasi, sehingga fibroid ini bisa mengakibatkankemandulan dan keguguran.
  • Pedunculated. Jenis ini terhubung ke luar atau ke dalam rahim melalui sebuah tangkai yang kecil.

Seberapa umum miom?

Penyakit miom merupakan kondisi umum. Sekitar 75 persen wanita akan mengalami fibroid ketika saat tertentu. Wanita lebih mungkin akan memunculkan gejala miom pada usia reproduktif, yaitu sekitar 16 hingga 50 tahun.

Anda bisa mengendalikan gejala miom dengan cara mengurangi faktor risiko penyebab kondisi ini. Diskusikan dengan dokter mengenai informasi lebih yang lanjut.

Gejala

Apa saja gejala miom?

Dalam banyak kasus, penyakit ini tidak akan memunculkan gejala yang berarti. Bahkan, hanya sekitar 25 persen kasus memiliki gejala.

Namun, beberapa tanda atau gejala miom ialah:

  • Periode menstruasi akan  sangat panjang dan berat
  • Mengalami nyeri pada bagian belakang kaki
  • Mengalami nyeri atau tekanan pada  daerah panggul
  • Mengalami nyeri ketika sedang berhubungan intim
  • Sering buang air kecil karena tekanan miom di kantung kemih
  • Sembelit atau kembung
  • Perut membesar

Beberapa tanda dan gejala miom yang lainnya mungkin saja tidak tercantum seperti yang dijelaskn di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala miom tersebut, segerlah untuk konsultasi kepada dokter Anda.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang tercantum  sepertidi atas atau ingin bertanya, konsultasikan ke dokter. Setiap tubuh berfungsi berbeda antara satu sama lain.

Selalu diskusikan dengan dokter dahulu agar Anda mendapatkan solusi terbaik.

Penyebab

Apa penyebab miom?

Ilmuwan masih belum menemukan penyebab dari miom. Namun, diduga penyakit ini terkait dengan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Estrogen merupakan hormon reproduksi wanita yang diproduksi oleh indung telur.

Fibroid biasanya dapatberkembang dari usia sekitar 16 tahun hingga 50 tahun, ketika tingkat estrogen pada tubuh wanita sedang berada pada titik tertinggi. Namun, biasanya pertumbuhan fibroid dapat mengalami penurunan ketika tingkat estrogen rendah, seperti ketika setelah menopause.

Menurut dugaan berbagai peneliti, penyebab dari penyakit miom adalah:

Kelebihan berat badan

Penyakit miom juga kerap kali dapat muncul pada orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Itu sebabnya, para ahli menduga bahwa obesitas adalah  salah satu faktor penyebab miom.

Faktor genetik

Penyebab miom lainnya ialah faktor genetik. Jika Anda memiliki ibu, saudara kandung, atau nenek dengan riwayat penyakit ini, maka Anda juga akan berisiko tinggi untuk terkena penyakit miom dikemudian hari.

Kelainan menstruasi

Tak hanya itu, menstruasi terlalu dini juga bisa jadi penyebab miom.

Pola pertumbuhan penyakit miom akan sangat bervariasi kepada setiap pasien. Penyakit miom bisa tumbuh lambat atau cepat, atau mungkin akan tetap berukuran sama sejak pertama kali muncul.

Beberapa fibroid mengalami pertumbuhan yang cepat, dan beberapa mungkin akan menyusut dengan sendirinya. Banyak juga fibroid yang muncul selama kehamilan menyusut atau hilang ketika setelah kehamilan, karena rahim kembali ke ukuran normal.

Silakan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab miom lebih lanjut.

Baca juga : 4 Jenis Terapi Hormon Untuk Miom

Faktor risiko

Apa saja yang meningkatkan risiko terkena penyakit miom?

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit miom adalah:

  • Anda berada pada usia produktif, sekitar 16-50 tahun
  • Kadar estrogen yang tidak normal karena kondisi medis atau bisa juga karena penggunaan obat
  • Memiliki riwayat penyakit ini akan meningkatkan resiko.
  • Wanita berkulit hitam lebih mungkin untuk mengalami fibroid
  • Mengalami menstruasi yang terlalu dini
  • Terlalu banyak makan daging merah daripada sayuran hijau, buah-buahan, serta produk susu
  • Minum alkohol, termasuk bir dengan berlebihan

Mungkin ada beberapa faktor risiko penyebab yang tidak disebutkan seperti di atas. Jika Anda mengkhawatirkan faktor risiko penyebab miom yang lainnya, silakan untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Berikut ini merupakan beberapa terapi buah untuk miom yang bisa Anda olah dengan cara di jus atau langsung memakannya :

Pepaya

Buah pepaya ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan khususnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Salah satu dari manfaatnya yang luar biasa adalah bisa mengecilkan ukuran miom secara alami dalam waktu singkat.

Tomat

Tomat memiliki kandungan yang berpengaruh untuk kesehatan tubuh, yaitu zat lycopene. Zat lycopene inilah yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat anti-tumor dan juga bisa berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh. Selain mampu mengatasi penyakit miom tomat pun bisa mencegah tumbuhnya miom dalam rahim wanita.

Jambu biji

Buah yang satu ini sangatlah mudah untuk didapatkan di sekitar kita, tunggu apalagi. Buah jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, dan cocok dikonsumsi bagi penderita penyakit miom karena jambu biji bisa membantu mencegah pembesaran ukuran miom sekaligus menghancurkan sel miom sampai tuntas.

Jeruk

Untuk buah lainnya untuk mengecilkan ukuran miom, Anda bisa menggunakan buah jeruk, buah jeruk terkenal kaya akan vitamin C nya, bagi Anda yang ingin mengecilkan ukuran miom secara cepat dan aman.

Apel

Cara alami yang berikutnya mengatasi miom dengan cepat dan aman merupakan dengan rutin mengkonsumsi jus buah apel. Buah apel ini memiliki banyak  manfaat yang luar biasa karena mengandung antioksidan yang disebut dengan quercetin yang mana kandungan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah naga

Kandungan buah naga hampir mirip dengan buah tomat. Buah naga juga mengandung zat lycopene hanya saja kandungannya lebih tinggi dibanding dengan tomat.

Belimbing manis

Ternyata buah belimbing manis memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan pengobatan penyakit, salah satunya bisa menyembuhkan penyakit miom.

Manggis

Akhir-akhir ini dunia kesehatan sangat heboh dengan khasiat buah manggis ini salah satunya bisa membantu mengatasi miom hingga sembuh. Selain digunakan sebagai obat kesehatan, manggis juga dapat diolah menjadi bahan kecantikan. Dan tidak hanya itu saja, kulitnya juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan buahnya. Namun Anda tetap harus mengatur pola makan buah manggis, karena jika berlebihan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Itulah mengenai beberapa terapi buah untuk miom, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *