mencegah miom membesar

Cara Untuk Mencegah Miom Membesar

Cara Untuk Mencegah Miom Membesar

Bahaya dari penyakit miom dapat menghantui wanita manapun, tanpa terkecuali. Miom atau fibroid rahim sejatinya merupakan tumor jinak yang ada dalam rahim. Meski jarang berkembang menjadi kanker, tumor ini bisa memicu komplikasi yang serius.

Bahaya komplikasi Miom

Miom atau polip rahim jika tidak diobati berpotensi akan merugikan kesehatan Anda. Komplikasi yang bisa timbul akibat penyakit ini meliputi:

1. Masalah kesuburan

Infertilitas merupakan ketidakmampuan seorang wanita untuk hamil. Komplikasi ini bisa terjadi jika miom tidak segera diobati dan semakin membesar pada rahim.

2. Masalah selama kehamilan

Jika miom terjadi pada ketika Anda sedang hamil, miom terkadang bisa menyebabkan munculnya masalah tertentu. Mulai dari mengganggu tumbuh kembang bayi sehingga kesulitan selama proses persalinan.

Miom yang membesar dan akan menghalangi leher rahim bisa membuat Anda harus menjalani operasi caesar ketika melahirkan.

Cara Mencegah Miom Membesar

Mioma merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan otot rahim dan jaringan fibrosa. Mioma pada umumnya tidak menghalangi kehamilan apabila tidak besar dan tidak menghalangi bertemunya sperma dengan sel telur, atau mengubah bentuk rongga rahim. Menurut penelitian, 5 % dari penyebab keguguran yang tidak bisa dijelaskan ialah mioma, namun masih banyak penyebab lain yang bisa menyebabkan keguguran berulang. Untuk mengetahui apakah mioma Anda bisa menghalangi kehamilan atau tidak, perlu evaluasi langsung oleh dokter kandungan.

Kesimpulannya, mioma bisa menghalangi kehamilan tidak tergantung dari pada ukuran, tipe, posisi, dan apakah mioma tersebut mengubah bentuk rongga rahim. Kecepatan tumbuh mioma bervariasi, bisa saja tumbuh sebelum menikah ataupun bisa setelahnya.

Pilihan mengobati mioma beragam tergantung dari pada pertimbangan dokter. Jika tidak menimbulkan gejala, biasanya tidak dilakukan pengangkatanatau pengobatan khusus. Biasanya dilakuan miomektomi atau pengangkatan miom dengan cara menggunakan prosedur operasi biasa atau dengan laparoskopi. Pada kasus ekstrim atau dicurigai keganasan, maka bisa dilakukan pengangkatanpada rahim/histerektomi. Anda bisa mendiskusikan pilihan pengobatannya dengan dokter, dokter Anda bisa menentukannya sesuai dengan keadaan Anda berdasarkan dari hasil pemeriksaan.

source : https://www.alodokter.com/komunitas/topic/miom-sebesar-1cm

Baca juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *