makanan sehat tumor otak

Tips Makanan Sehat Untuk Tumor Otak

Tips Makanan Sehat Tumor Otak

Kanker bisa menyerang semua bagian tubuh, mulai dari mata, hidung, paru-paru,payudara,  kulit, hingga otak. Kanker bisa terjadi karena faktor tumor yang sudah tumbuh parah pada tubuh. Apabila tumor sudah menjadi ganas, maka bisa berubah menjadi kanker.

Tumor dapat berasal dari otak atau perjalanan ke otak dari pada bagian lain dari tubuh. Tumor otak ganas akan mengandung sel kanker. Sebagian besar menyerang jaringan di sekitarnya dan akan tumbuh dengan cepat. Meski kita tidak pernah tahu penyebab pastinya penyakit ini akan datang, namun kebiasaan untuk mengonsumsi makan dan minum sehat bisa menjadikannya cara untuk mencegahnya.

Ada beberapa makanan yang mengandung sumber dan zat yang bisa melawan tumbuh kembangnya tumor otak. Makanan dan minuman ini diyakini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada jaringan tubuh lain yang bisa menyebar ke bagian otak.

Berikut merupakan beberapa tips makanan sehat tumor otak :

1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane, senyawa yang telah terbukti menyebabkan kematian sel tumor serta dapat mengurangi ukuran tumor. Asupan lebih tinggi dari sayuran silangan ini juga bisa dikaitkan dengan risiko kanker menjadi yang lebih rendah.

2. Tomat

Tomat dikenal bisa mencegah sel kanker dengan baik. Tomat mengandung senyawa likopen sebagai zat antiinflamasi antioksidan dan dapat mencegah pertumbuhan kanker.

3. Bayam

Bayam memiliki manfaat baik bagi tubuh sama seperti brokoli. Bayam merupakan satu sayuran yang bisa melemahkan sel kanker dalam tubuh hingga akan membunuhnya.

4. Apel

Apel menjadi buah yang kaya dengan vitamin dan baik dikonsumsi untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah apel di setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tubuh dalam melawan zat radikal bebas yang akan masuk.

5. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C tinggi dan sangat baik dalam melindungi otak dari pertumbuhan sel kanker. Jeruk yang mengandung zat antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Konsumsi jeruk ini disarankan dengan cara langsung memakannya.

6. Salmon

Salmon mengandung lemak Omega-3 yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Salmon sudah terbukti bisa membantu melindungi tubuh terhadap melawan kanker, termasuk kanker otak. 

7. Nanas

Tak ada yang menyangka, nanas bisa mencegah kanker otak dengan baik. Nanas memiliki kandungan  zat antikarsinogenik yang bisa melawan sel kanker berkembang biak.

Zat ini juga bisa melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Kandungan vitamin C yang ada pada nanas juga merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk pencegahan kanker otak. Kacang mengandung serat yang tinggi dan asam lemak yang berperan dalam melindungi otak dari kanker.

9. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang tak hanya dikenal lezat, namun juga mengandung banyak sekali manfaat lain untuk tubuh. Teh hijau bisa menjaga kesehatan otak dari serangan ganasnya sel kanker.

10. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah tradisional dengan antioksidan tinggi. Cara mengonsumsi kunyit ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Kamu bisa mencampurkannya menjadi bumbu masakan atau bisa mengolahnya jadi minuman. Kunyit mengandung senyawa yang bisa mencegah proses peradangan yang sering memicu sel kanker dalam otak tumbuh.

Baca juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *