efek makan tauge berlebihan

Efek Makan Tauge Secara Berlebihan

Bahaya atau Efek Makan Tauge Berlebihan

Tauge adalah salah satu jenis sayur yang banyak sekali dikonsumsi masyarakat Indonesia. Banyak manfaat toge yang bisa Anda dapatkanakan tetapi ada beberapa hal yang perlu juga Anda perhatikan untuk mencegah risiko yang bisa mengganggu kesehatan.

Manfaat tauge untuk kesehatan tubuh  sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Kandungan nutrisinyapun sangat beragam, seperti vitamin, mineral, polifenol, antioksidan, hingga serat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, taoge dinilai menjadi makanan yang lebih sehat daripada makanan olahan lainnya yang sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, akan tetapi konsumsi tetap disarankan dalam jumlah secukpnya saja. Pasalnya, semua yang berlebihan tidak pernah nerdampal baik untuk tubuh, begitu pula dengan konsumsi taoge. Asupan besar kecambah ini dalam waktu lama dapat memicu terjadinya masalah pada kesehatan. Apa saja?

Berikut merupakan efek makan tauge berlebihan untuk kesehatan :

  • Waspada untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kehamilan menjadi tahapan yang penting bagi setiap perempuan. Pada tahapan ini, penting untuk memenuhi asupan nutrisi contohnya seperti vitamin dan mineral. Pasalnya, apa pun yang ibu konsumsi ketika selama hamil tidak hanya akan berpengaruh pada kesehatan diri sendiri, tetapi juga akan menentukan kondisi kesehatan serta tumbuh kembang janin.

Tauge memiliki nutrisi penting contohnya seperti vitamin B, C, zat besi, magnesium, folat, kalium, dan masih banyak lagi. Kehadiran senyawa ini sangat bermanfaat untuk menjaga kehamilan yang sehat. Meski begitu, perlu dicatat bahwa taoge berisiko tinggi terhdap perkembangbiakan bakteri jika tidak dibersihkan dan diolah dengan baik. Salmonella serta bakteri E. coli bisa memicu masalah kesehatan contohnya seperti mual, demam, diare, kram perut, hingga masalah serius lainnya ketika hamil.

Meskipun menjadi sumber asupan serat yang baik bagi tubuh, jika konsumsinya berlebihan maka bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti penyerapan nutrisi yang sangat buruk dan penumpukan gas di perut yang mengakibatkan perut menjadi kembung. Makan taoge sebaiknya dalam batas sewajarnya dan tidak berlebihan. Tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga sebaiknya harus memperhatikan hal ini.

  • Dapat Memicu Reaksi Alergi

Meski kaya dengan manfaat, nyatanya tidak semua orang dapat menikmati kelezatan dari sayuran jenis kecambah ini. Pasalnya, beberapa orang mungkin akan alergi terhadap tauge, sehingga untuk mengkonsumsinya tidak dianjurkan. Beberapa reaksi alergi umum terjadi karena kmakan tauge ini adalah gatal, mual, sesak napas, sakit perut, muntah, dan diare.

  • Meningkatkan Risiko Hipoglikemia

Makan taoge dengan teratur baik untuk para pengidap diabetes dan bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Keuntungan ini karena indeks glikemik tauge yang terbilang rendah. Namun, jika mengkonsumsinya secara berlebihan justru bisa meningkatkan risiko hipoglikemia, serta gejala kelelahan, mual, muntah, penglihatan menjadi mengabur, hingga pingsan.

  • Meningkatkan Risiko Hipotensi

Tidak hanya baik untuk para pengidap diabetes, tauge juga bermanfaat bagi pengidap hipertensi yang merupakan penyebab utama untuk berbagai masalah kardiovaskular contohnya seperti serangan jantung dan stroke. Ini karena kandungan potasium yang sangat penting di dalamnya. Meski kandungan ini baik, mengkonsumsi taoge secara berlebihan membuat asupan kalium tinggi dalam tubuh, sehingga akan meningkatkan risiko hipotensi atau berkurangnya tekanan darah.

Gejalanya akan seperti kurang konsentrasi, sakit kepala, mual, penglihatan menjadi kabur, hingga pusing. Tidak hanya itu, jika kamu mengidap darah tinggi dan sudah mengonsumsi obat, lalu mengonsumsi taoge dalam jumlah berlebih malah justru memperburuk kondisimu.  Sebaiknya konsumsilah secukupnya agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Baca juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *