cara mengobati kanker darah

Cara Mengobati Kanker Darah

Cara Mengobati Kanker Darah

Apa itu kanker darah?

Kanker darah merupakan kanker yang akan memengaruhi produksi serta fungsi sel darah. Sebagian besar dengan kanker darah dimulai dengan sumsum tulang di mana darah diproduksi. Sel-sel kanker akan mencegah sel-sel darah normal dalam menjalankan fungsi mereka.

Seberapa umum penyakit ini?

Kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang bisa dialami oleh pasien pada usia berapa pun. Anda bisa mencegah penyakit ini dengan cara menghindari faktor risiko penyebab kanker darah. Silakan diskusikan dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Penyebab Kanker Darah

Penyebab kanker darah ialah pertumbuhan yang tidak terkendali daripada sel-sel darah. Normalnya, sel-sel darah dalam tubuh mengikuti jalur pada pertumbuhan teratur, pembelahan, dan kematian tapi sel-sel kanker darah tidak.

Sel-sel penyebab kanker darah tidak akan mati secara otomatis. Selain itu, sel-sel kanker darah yang tidak normal bisa  menyebar ke daerah lain, menekan sel darah normal dan cara menghambat fungsinya.

Secara umum para ilmuan masih belum mengetahui dengan pasti apa penyebab kanker darah. Namun, para ahli menduga bahwa perubahan pada DNA bisa membuat sel-sel darah yang sehat menjadi kanker.

Cara Mengobati Kanker Darah

Bagaimana cara mengobati kanker darah?

Pengobatan kanker darah tergantung dari pada jenis kanker tersebut, penyebaran kanker, usia serta kesehatan dari pasien secara keseluruhan, serta resepon pasien terhadap dengan pengobatan.

Berikut meruapakan beberapa pengobatan kanker darah yang umum:

  • Kemoterapi merupakan penggunaan obat antikanker yang dirancang untuk mengganggu serta menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Kemoterapi untuk kanker darah kadang-kadang terdiri dari beberapa obat bersama dalam satu set pengobatan ainnya.
  • Terapi radiasi. Prosedur ini bisa digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker atau untuk mengurangi rasa nyeri ketika gejala kanker darah muncul. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan gelombang energi tinggi seperti, sinar x, proton, gama, dan elektron untuk membunuh sel kanker.
  • Terapi target. Terapi target merupakan terapi yang menggunakan obat-obatan atau bahan kimia lain untuk mengidentifikasi serta menyerang sel kanker secara spesifik tanpa dengan membunuh sel-sel normal.
  • Transplantasi stem cell. Transplantasi stem cellakan menanamkan stem cell pembentuk darah yang sehat pada tubuh. Stem cell bisa dikumpulkan dari sumsum tulang, darah perifer, serta darah tali pusat.

Secara umum, pengobatan yang digunakan kanker darah bisa berupa kombinasi dari beberapa terapi. Konsultasikan dengan dokter untuk pilihan terapi dan juga obat kanker yang tepat untuk Anda. Setiap pengobatan pada penyakit ini memiliki efek samping juga bisa berbeda-beda.

Pengobatan di rumah

Beberapa perubahan gaya hidup dengan pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda dalam mengatasi kanker darah adalah:

  • Berolahraga dengan teratur
  • Disiplin untuk mengikuti gaya hidup sehat
  • Hindari herbisida, pestisida, dan juga insektisida
  • Hindari paparan radiasi
  • Makan makanan sehat serta minum banyak air
  • Minum obat dengan teratur sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda agar lebih memahami solusi terbaik untuk Anda.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *