benjolan tumor otak

Tumor Otak : Gejala, Penyebab

Tumor Otak

Pengertian Tumor Otak

Tumor otak merupakan penyakit yang timbul karena tumbuhnya jaringan abnormal di otak. Tergantung dari pada jenisnya, tumor otak ada yang bersifat jinak ataupun ada juga yang ganas.

Munculnya tumor otak bisa saja berasal dari jaringan otak itu sendiri, atau bisa juga berasal dari kanker organ lain yang akan menyebar ke otak. Artikel ini akan membahas mengenai tumor yang berasal dari jaringan otak itu sendiri.

Tumor otak bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang orang usia produktif atau dewasa.

Tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Namun pada kasus tumor otak jinak, saat mereka tumbuh, mereka dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya, yang dapat berakibat pada kelumpuhan ataupun fatal. Karena itu, dokter lebih suka menggunakan istilah “tumor otak” daripada “kanker otak.” Saat ini ilmu kedokteran telah berkembang pesat, teknik diagnostik dan pengobatan telah memberikan harapan hidup bagi para pasien tumor otak.

Gejala Tumor Benjolan Otak

Gejala tumor otak bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Gejala yang muncul dipengaruhi karena ukuran, kecepatan pertumbuhan, serta lokasi tumor. Tumor otak yang berukuran kecil sering kali tidak akan menimbulkan gejala. Seiring dengan berkembangnya tumor otak, bisa muncul gejala berupa sakit kepala, gangguan saraf, atau hingga kejang.

Penyebab Benjolan Tumor Otak

Tumbuhnya tumor otak disebabkan perubahan atau mutasi genetik dalam sel otak. Penyebab perubahan genetik ini juga masih belum diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak, yaitu:

  • Usia
  • Keturunan
  • Pernah menjalani radioterapi

Diagnosis dan Pengobatan Benjolan Tumor Otak

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan saraf serta pemeriksaan pencitraan, seperti CT scan atau MRI otak bertujuan untuk melihat adanya tumor otak. Kemudian dokter akan menentukan jenis dari tumor otak melalui biopsi tumor, yaitu dengan pengambilan sampel jaringan tumor untuk diperiksa dengan menggunakan mikroskop. Penentuan jenis tumor ini akan membantu dokter dalam memperkirakan keparahan penyakit serta merencanakan pengobatan.

Penderita tumor otak, baik tumor jinak ataupun ganas, bisa menjalani pengobatan dengan menggunakan metode radioterapi, kemoterapi, atau operasi. Pasca pengobatan tumor otak, penderita bisa menjalani fisioterapi untuk mempercepat proses pemulihan.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *